Tips Dari Pengusaha Sukses Maya Miranda Ambarsari untuk Kembangkan Bisnis Tanpa Modal
Rabu, 11 September 2019
Maya Miranda Ambarsari
Bagikan

Tips Dari Pengusaha Sukses Maya Miranda Ambarsari untuk Kembangkan Bisnis Tanpa Modal

Pendanaan sering kali menjadi persoalan yang kerap dihadapi oleh seseorang yang hendak menjalankan bisnis. Namun, hal tersebut sebetulnya bisa diatasi dengan cara berpartner atau menjalin kerja sama dengan pihak lain.

“Saya anjurkan Anda yang mulai usaha dan mengalami kesulitan investment, maka Anda harus bertemu dengan partner yang tepat. Anda ada skill tapi ada partner yang menjadi investor. Banyak sekali yang sebetulnya bisa diajak berpartner,” ujar Maya Miranda Ambarsari, pengusaha wanita yang sukses menjalankan sejumlah bisnis.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Maya saat hendak mengembangkan bisnis pertambangan emas. Sebagai lulusan Fakultas Hukum, Maya memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik mengenai tata hukum di Indonesia. Ini sangat terpakai karena dunia pertambangan begitu sarat dengan berbagai hukum dan peraturan.

 “Saya ngga berpikir untuk mengeluarkan uang dari cash saya sendiri. Saya memiliki kemampuan, lalu bagaimana saya membiayai perusahaan ini [tambang emas]. Lalu yang saya lakukan adalah mencari partner yang memiliki kemampuan secara investasi tetapi tidak ada kemampuan menjalankan usaha,” terangnya.

Dalam hal ini, Maya menjalin kerja sama dengan partner asing. Sebab, tidak sedikit perusahaan asing yang ingin masuk ke Indonesia tetapi perlu mencari partner lokal. Kesempatan inilah yang kemudian diambil oleh Maya.

Tentunya untuk bisa mendapatkan partner terbaik, hal lain yang harus dilakukan adalah memperluas jaringan atau networking.

Wanita berusia 46 tahun ini mengaku lebih senang berkecimpung di dalam bidang yang sangat inovatif dan spesifik seperti pertambangan, dimana tidak banyak perempuan yang berani untuk masuk dalam bisnis ini.

“Setelah saya berhasil karena sudah go public maka saya menjalani bisnis lain, misalnya property yang dibiayai dari bisnis pertambangan. Atau bisnis di bidang fesyen, kecantikan,yang lucu-lucu,” tuturnya.

Oleh karena itulah, Maya menyarankan kepada orang yang masih muda agar bekerja lebih keras dan fokus. “Setelah usia 40 tahun kita harus kerja smart biarkan orang yang bekerja untuk Anda, biarkan orang yang pandai bekerja untuk Anda, dan percayakan.”

 https://www.youtube.com/watch?v=zXKr68ZDBu0

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar