Tambang Emas Banyuwangi Uji Coba Produksi
Selasa, 06 Juni 2017
Maya Miranda Ambarsari
Bagikan

Tambang Emas Banyuwangi Uji Coba Produksi

Operator tambang emas Gunung Tumpangpitu, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, PT Bumi Suksesindo (BSI) sudah memasuki masa produksi. Saat ini perusahaan berlabel dalam negeri ini memasuki commissioning, yakni masa percobaan atau trial and eror.

Commissioning adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan dan pengujian instalasi peralatan yang terpasang pada proyek yang dibuat, yang telah selesai dikerjakan dan hendak dioperasikan. Dengan hasil pemeriksaan dan pengujian yang baik maka diyakini bahwa sistem proyek tersebut aman. 

"Masa commissioning dilakukan antara 1 sampai 3 bulan, saat ini sudah berlangsung 1 bulan. Saya tadi sempat melihat uji coba produksi disini. Mudah-mudahan bisa cepat produksi resmi," ucap Garibaldi Thohir, Komisaris PT Bumi Suksesindo (PT BSI), selaku pengelola tambang emas Gunung Tumpang Pitu, seperti dikutip Minggu (4/6/2017).

Dalam kunjungan ke lokasi produksi yang dikemas dalam acara berbuka bersama segenap karyawan, pria yang biasa disebut Boy Thohir ini juga menjelaskan, bahwa fase ini perusahaan sedang mencari formula yang tepat dalam mengolah bullion (batangan mineral yang memiliki kandungan emas, perak dan lainnya). Termasuk guna mengetahui persentasi kandungan emas.

"Jadi melakukan uji lab, sampai menemukan komposisi yang tepat. Selanjutnya akan kita murnikan di Antam( PT. Aneka Tambang)," jelasnya.

PT Bumi Suksesindo (BSI), anak usaha PT Merdeka Copper Gold Tbk, operator tambang emas Gunung Tumpangpitu, menginvestasikan usahanya di Banyuwangi lebih dari US$ 200 juta dolar atau sekitar Rp 2,6 triliun (Rp 13.000/US$).

Pemkab Banyuwangi memiliki saham 6,4% di PT Merdeka Copper Gold Tbk, pemilik 99% saham PT BSI. Saham Pemkab Banyuwangi yang hanya senilai Rp 22 miliar, kini meningkat menjadi Rp 400 miliar. Saham tersebut merupakan hibah sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi.

Maya Miranda Ambarsari dan Andreas Reza juga menjadi salah saru pemegang saham PT Merdeka Copper Gold, Tbk.

Sumber : https://finance.detik.com/energi/3519513/tambang-emas-banyuwangi-sudah-mulai-uji-coba-produksi

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar