Maya Miranda Ambarsari, Pemilik JD.ID yang Membeli Perusahaan Galangan Kapal

Maya Miranda Ambarsari, Pemilik JD.ID yang Membeli Perusahaan Galangan Kapal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu pemilik e-commerce JD.ID, Maya Miranda Ambarsari, melebarkan sayap bisnis ke industri perkapalan. Maya mengakuisisi perusahaan galangan kapal di Batam, PT Batamec Shipyard.

Batamec merupakan salah satu perusahaan galangan kapal terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang pembangunan kapal baru, perbaikan dan konversi kapal yang didirikan Otto Marine Ltd asal Singapura.

Aksi akuisisi resmi berlangsung pada 10 Oktober 2019. Tak dijelaskan nilai transaksi akuisisi tersebut. Pasca akuisisi, perusahaan yang dulu berstatus penanaman modal asing (PMA) berubah menjadi penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Alhamdulillah setelah lebih dari 35 tahun sebagai PMA, kini PT Batamec Shipyard resmi menjadi milik anak bangsa," tulis Maya dalam akun Instagramnya, Minggu (20/5).

Maya optimistis Batamec memiliki prospek bisnis cerah. Batamec memiliki berbagai fasilitas lengkap untuk pembuatan dan perbaikan kapal.

Perusahaan ini berdiri di atas lahan sekitar 70 hektare dengan fasilitas seperti graving dock yang sudah dilengkapi dua grantry crane berkapasitas 160 ton dan tinggi 32 meter.

Batamec mampu memproduksi berbagai jenis kapal mulai dari kapal tanker, kapal kargo, kapal bantu cair minyak, kapal tandu dan lainnya, tergantung dari permintaan.

Produk Batamec selama ini tidak hanya untuk pasar dalam negeri, tapi sudah menyasar pasar ekspor. Batamec pernah memproduksi kapal pesanan langsung dari luar negeri seperti Norwegia.

Apalagi, Indonesia sudah mulai menggencarkan sektor maritim. Dengan program tol laut Presiden Joko Widodo, Indonesia membutuhkan banyak kapal.

"Batamec bisa menjadi market leader untuk perusahaan galangan kapal di Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 35 tahun sejak berdiri pada 1984, Batamec sudah memiliki sistem kerja, produksi dan men power yang sangat profesional sehingga mampu memproduksi kapal-kapal terbaik," terang Maya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/10).

Maya termasuk pengusaha wanita yang menonjol. Selain menjadi salah satu pendiri situs belanja JD.ID di Indonesia, Maya adalah salah satu pendiri dan pemegang saham PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA).

Wanita lulusan Master of International Business, Swinburne University of Technology, Melbourne, ini juga memiliki guest houses mewah Elliottii Residence, klinik kecantikan, serta yayasan untuk kegiatan sosial, yaitu Rumah Belajar Miranda.

Pada Agustus 2019, Maya mengakuisisi PT Tawu Inti Bati, yang merupakan pabrik pengolahan minyak.

Sumber : 
https://amp.kontan.co.id/news/miranda-ambarsari-pemilik-jdid-yang-membeli-perusahaan-galangan-kapal

Sumber : https://mayamirandaambarsari.com/maya-miranda-ambarsari-pemilik-jd-id-yang-membeli-perusahaan-galangan-kapal-detail-419642