Lima Wanita Indonesia Paling Berpengaruh 2020

Lima Wanita Indonesia Paling Berpengaruh 2020

Kiprah perempuan Indonesia kini tak lagi dapat dipandang sebelah mata. Tak sedikit perempuan Indonesia yang mampu berkiprah dan memberikan kontribusi terbaik untuk ngeri dan bangsa.

Berikut lima wanita Indonesia yang paling berpengaruh 2020.

1.) Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati masuk ke dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia.

Kala itu, Sri Mulyani sejajar dengan wanita hebat dunia, seperti Kanselir Jerman Angela Merkel, Christine Lagarde dan Nancy Pelosi.

Dalam daftar, Sri Mulyani masuk peringkat ke 76. Predikat disematkan karena Sri Mulyani dinilai memiliki peran yang sangat krusial dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia terutama yang berkenaan dengan isu kesetaraan gender.

"Sebagai menteri keuangan, dia (Sri Mulyani) menambah pendapatan negara melalui reformasi pajak yang akan memperluas layanan e-filing dan menunjang kepatuhan pembayar pajak,". Tahun lalu Sri Mulyani memperoleh penghargaan Menteri Terbaik yang prestisius di World Government Summit."

2.) Susi Pudjiastuti

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Dia adalah  Susi berada didaftar bersama nama-nama wanita beken lain seperti astronot wanita Peggy Whitson hingga Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf.

Kala menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi sangat dikenal tegas dan sering kali menenggamkan kapal-kapal asing pencuri ikan, selain itu Susi merupakan pengusaha sukses.

Susi memang berbeda dengan menteri kebanyakan. Jika menteri-menteri yang lain adalah lulusan sarjana, bahkan hingga perguruan tinggi luar negeri, Susi hanya memiliki ijazah SMP.

Namun jangan salah, wanita kelahiran 15 Januari 1965 Pangandaran, Jawa Barat, ini merupakan salah satu pengusaha yang sukses. Kesusksesan Susi terlihat dari puluhan pesawat yang dia miliki dari berbagai jenis seperti Cessna Grand Caravan, Pilatus PC-06 Porter, dan Piaggio P180 Avanti.

Susi mengawali karier sebagai pengepul ikan di Pangandaran. Bisnisnya berkembang kemudian mendirikan pabrik pengolahan ikan pada PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan lobster bermerek Susi Brand. Dia kemudian membangun PT ASI Pudjiastuti Aviation dan berkembang hingga saat ini.

3.) Nicke Widyawati

Direktur Utama PT Pertamina (persero) Nicke Widyawati masuk dalam daftar 50 perempuan paling berpengaruh di dunia tahun 2020 versi Majalah Bisnis Global, Fortune.

Nicke dinilai sebagai perempuan yang berani terjun ke industri yang biasanya didominasi pria seperti industri pertambangan, baja, dan migas.  Apalagi perusahaan yang dipimpinnya merupakan perusahaan miliki negara.

 4.) Najwa Shihab,S.H

Akrab dipanggil Nana lahir di Makassar, Sulawesi Selatan tanggal 16 September 1977, Dia adalah mantan pembawa acara berita di stasiun televisi Metro TV, pernah menjadi anchor dalam program berita prime time Metro Hari Ini, Suara Anda dan program bincang-bincang Mata Najwa. Najwa adalah putri kedua Quraish Shihab, Menteri Agama era Kabinet Pembangunan VII.

Najwa adalah alumni Fakultas Hukum UI angkatan 1996. Semasa SMA ia terpilih mengikuti program American Field Service (AFS), yang di Indonesia program ini dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya, selama satu tahun di Amerika Serikat. Merintis karier di RCTI, tahun 2001 ia memilih bergabung dengan Metro TV karena stasiun TV itu dinilai lebih menjawab minat besarnya terhadap dunia jurnalistik.

Najwa Shihab ditunjuk sebagai Duta Baca Indonesia (2016-2020) oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dengan tugas utama menyebarkan minat baca ke penjuru negeri. Selain Duta Baca Indonesia, Najwa juga menjadi Duta Pustaka Bergerak. Jaringan literasi yang mendedikasikan untuk membangun perpustakaan bergerak, dari satu wilayah ke wilayah lain, dengan sarana prasarana sederhana. Dalam program tersebut, ada pihak-pihak yang menyebarkan buku memakai kuda, pedati, perahu, vespa, dan sebagainya. Tugas Najwa adalah membangun kepedulian terhadap buku dan gerakan membaca, menyebarkan bahan bacaan ke berbagai penjuru negeri, dalam upayanya meningkatkan minat baca di Indonesia.

5.) Maya Miranda Ambarsari

Wanita kelahiran Palembang 09 Juli 1973 merupakan seorang sociopreneur, womenpreneurs, dan businessonwer yang memiki sejumlah perusahaan mulai dari e-commerce, property, pertambangan, energi & sumber daya alam.

Maya adalah lulusan fakultas Hukum Universitas Pancasila ( Jakarta ) dan Swinburn University of Technology, ( Melbourne Australia). Dia mengawali karirnya sebagai lawyer di Senior Associate Lawyer at Dimhart & Associate Law Firm, Jakarta.

Perusahaan yang baru diakuisisinya adalah PT Batamec Shipyard yang belum lama ini memproduksi kapal perang Republik Indonesia (KRI) Bontang 907,  kapal jenis Bantu Cair Minyak (BCM) ke-3 milik TNI. KRI tersebut dioperasikan untuk mendukung dan memperkuat formasi kapal tempur TNI AL di laut dan merupakan kapal tanker terbesar kedua produksi nasional.

Dialah Maya Miranda Ambarsari sosok wanita hebat Indonesia dan salah satu wanita di Dunia yang memiliki  Perusahaan Shipyard. Sederet penghargaan pun berhasil diraih wanita yang memiliki jiwa sosial tersebut.

sumberr: kompasiana

Sumber : https://mayamirandaambarsari.com/lima-wanita-indonesia-paling-berpengaruh-2020-detail-432242