KRI Bontang 907 Produksi Batamec Jadi Salah Satu Kapal Tanker Terbesar Produksi Nasional

KRI Bontang 907 Produksi Batamec Jadi Salah Satu Kapal Tanker Terbesar Produksi Nasional

PT Batamec Shipyard telah selesai memproduksi kapal perang Republik Indonesia (KRI) Bontang 907 yang merupakan kapal jenis Bantu Cair Minyak (BCM) ke-3 milik TNI. KRI tersebut dioperasikan untuk mendukung dan memperkuat formasi kapal tempur TNI AL di laut dan merupakan kapal tanker terbesar kedua produksi nasional.

Saat ini, KRI Bontang 907 masih dalam tahap penyempurnaan di Galangan Kapal Batamec Batam.

Wilayah penugasannya selain di perairan Natuna, Provinsi Kepri, juga bisa dikerahkan untuk operasi di Samudera Indonesia maupun Samudera Pasifik. Sekadar diketahui, panjang kapal ini mencapai 125,5 meter dan tinggi 30 meter. Adapun kapasitas minyak yakni 5.500 kubik atau meter persegi.

Dengan adanya KRI Bontang 907, maka kapal-kapal TNI AL yang beroperasi akan tetap di luat tanpa harus kembali ke pangkalan untuk mengisi bahan bakar dan mengangkut kebutuhan lainnya.

Maya Miranda Ambarsari, Presiden Direktur PT Batamec Shipyard mengaku sangat bangga kapal karya anak bangsa yang diproduksi Batamec bisa dimanfaatkan untuk memperkuat operasi pertahanan laut di wilayah NKRI.


"Ini menunjukkan bahwa anak bangsa mampu membuat kapal-kapal yang tidak kalah hebatnya dan mampu bersaing dengan dunia internasional di dalam industri perkapalan," ujarnya.

Sumber : https://mayamirandaambarsari.com/kri-bontang-907-produksi-batamec-jadi-salah-satu-kapal-tanker-terbesar-produksi-nasional-detail-421123