Inspiratif Kiprah 5 Wanita Hebat dari Asia Tenggara

Inspiratif Kiprah 5 Wanita Hebat dari Asia Tenggara

Sepanjang sejarah, wanita telah banyak berjuang agar mandapat kesetaraan dalam berkarir. Meskipun masih dihadapkan pada banyak kendala, di Asia saat ini, banyak wanita berpengaruh yang menjadi CEO, pemimpin industri, dan menduduki posisi posisi strategis dibeberapa perusahaan besar dan ternama.

Berikut ini 5 wanita berpengaruh yang dinilai memiliki kiprah dan kontribusi luar biasa baik di negeranya masing-masing maupun di Asia Tenggara pada umumnya, seperti dikutip dari Kompasiana

1. President of Singapore Management University Lily Kong (Singapura)

img-1622042290.jpg

Profesor Kong adalah Presiden kelima SMU, dan orang Singapura pertama yang memimpin universitas pada usia 21 tahun. Dia juga wanita Singapura pertama yang memimpin universitas di Singapura. Dia sebelumnya adalah Provost SMU, Wakil Rektor dan Wakil Presiden di Universitas Nasional Singapura (dalam berbagai portofolio), dan Wakil Presiden Eksekutif (Akademik) dari Yale-NUS College.

Profesor Kong dikenal karena penelitiannya tentang perubahan sosial dan budaya di kota-kota Asia, dengan fokus pada berbagai masalah mulai dari agama, kebijakan budaya dan ekonomi kreatif, warisan dan konservasi perkotaan, hingga kota pintar. Profesor Kong telah menerima lima penghargaan fellowship internasional dan juga memenangkan Association of American Geographers Robert Stoddard Award untuk Distinguished Service (Geography of Religion and Belief Systems).

Profesor Kong dianugerahi Public Administration Medal (Silver) pada tahun 2006 dan Public Service Star pada tahun 2020. Ia termasuk di antara 25 yang diakui dalam daftar Power Businesswomen Forbes Asia pada tahun 2020.


2. Executive Chairman & CEO BOH Plantations Caroline Russell (Malaysia)

img-1622042485.jpg



Caroline Christine Russell adalah Dewan Pengurus Yayasan Sime Darby di Malaysia. Dia lahir di Kuala Lumpur tetapi menerima pendidikan menengah dan tersier di Skotlandia. Dia kuliah di University of Edinburgh, disana dia memperoleh gelar Bachelor of Commerce (Honors).

Caroline juga merupakan Chief Executive Officer J.A. Russell & Co Sdn Bhd, Kepala Eksekutif Perkebunan Boh Sdn Bhd, Direktur Thedara Sdn Bhd, Direktur Nerada (Pty) Ltd, Mantan Anggota Komite Umum Kamar Dagang dan Industri Internasional Malaysia, Anggota Organisasi Presiden Muda Cabang Malaysia, Mantan Wali Amanat dan Bendahara WWF-Malaysia, Finalis Penghargaan Pemimpin Bisnis Asia 2016. Dia juga meraih Nominasi Teratas di Ernst & Young Entrepreneur of the Year (Malaysia) Awards 2004 dan 2013, dan dianugerahi Penghargaan Keunggulan Industri Bisnis Malaysia (Sektor Pertanian) oleh Kamar Dagang Melayu Kuala Lumpur pada tahun 2012.


3. President & CEO B.Grimm Power Preeyanart Soontornwata (Thailand)

img-1622042581.jpg

Preeyanart Soontornwata adalah Chief Executive Officer dari B.Grimm Power Plc., Dia dinobatkan sebagai salah satu dari 25 wanita bisnis terkuat di Asia oleh majalah Forbes Asia. Preeyanart telah menghabiskan lebih dari dua dekade di sektor energi, yang ia rintis untuk Grup B.Grimm dan berhasil mengubah anak perusahaan BGRIM menjadi salah satu produsen listrik swasta terkemuka di Thailand.

BGRIM adalah salah satu produsen listrik swasta terkemuka di Thailand, yang memasok listrik ke Otoritas Pembangkit Listrik Thailand dan sejumlah pabrik yang berlokasi di berbagai kawasan industri. Di bawah kepemimpinannya, BGRIM telah menjadi salah satu bisnis utama Grup B.Grimm, yang menghasilkan pendapatan tertinggi bagi konglomerat.

Dia telah menjabat sebagai ketua dari Association of Private Power Producers serta Head of Energy Group, the Federation of Thai Industries, sejak 2016.


4. CEO dan Pemilik PT. Batamec Shipyard Maya Miranda Ambarsari (Indonesia)

img-1622042657.jpg

Maya Miranda Ambarsari merupakan multi-business wanita yang bergerak di bidang tambang, property, dan Galangan Kapal. Maya juga merupakan shared Holder dari PT. Merdeka Copper and Gold, Tbk.

Pendiri Rumah Belajar Miranda, tempat belajar gratis untuk wanita dan anak-anak tidak yang berfasilitas mewah dan guru-guru professional ini, berhasil menjadi salah satu dari 11 perempuan yang menerima penghargaan Anugerah Perempuan Indonesia (API) 2017 yang diberikan oleh Menteri PPPA Yohana Yembise atas kontribusi nya dalam program Three Ends kementerian PPPA.

Maya membangun kondotel (kondominium dan hotel) di Yogyakarta, tepatnya di depan keraton, Cisarua, dan Bali. Dia menjalankan perusahaan properti dan kondotel di bawah bendera PT Tri Tunggal Agung Propertindo atau dikenal dengan Tree Land. Pencinta hewan yang hobbi menata interior ini juga pemilik dari tujuh exclusive guest houses di Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Puncak dengna nama Elliottii, Gorjes Salon di Wolter Mongunsidi, Jakarta Selatan

Saat ini Maya merupakan Presiden Direktur dari P.T. Batamec Shipyard, sebuah perusahaan Galangan Kapal yang telah sukses membangun Kapal-kapal Fleet Replenishment Tanker (Kapal Bantu Cair Minyak) berkapasitas 5.500 ton untuk TNI AL, dan 2 unit 62m AHTS untuk PT. Pertamina Trans Kontinental.


5. Founder & Chairman Vinh Hoan Truong Thi Le Khanh (Vietnam)

img-1622042775.jpg

Truong Thi Le Khanh adalah Chairman of Vinh Hoan Joint Stock Company (VHC). Truong Thi Le Khanh, lahir pada tahun 1961, berasal dari daerah An Giang, adalah anak bungsu dalam keluarga dari empat bersaudara. Setelah lulus, Khanh bekerja di perusahaan ekspor-impor dan perusahaan komersial. Dia juga memegang berbagai posisi kunci dari akuntan hingga asisten dan wakil direktur. Hingga tahun 1997, dia secara resmi membuka perusahaan swasta di Vinh Hoan.

 sumber : https://www.kompasiana.com/castleui2954/6071c9ae8ede4877221726d2/10-wanita-hebat-se-asia?page=3

Sumber : https://mayamirandaambarsari.com/inspiratif-kiprah-5-wanita-hebat-dari-asia-tenggara-detail-435645