Ini Filosofi Kepemimpinan yang Dipegang Maya Miranda Ambarsari

Ini Filosofi Kepemimpinan yang Dipegang Maya Miranda Ambarsari

Maya Miranda Ambarsari, Presiden Direktur dan Pemilik Perusahaan Galangan Kapal PT Batamec Shipyard berbagi pengalaman dalam memimpin dan mengembangkan perusahaan pada seminar bertema ‘Breakthrough Leadership & Strategic Execution,’ a seminar on how to effectively inspire people in modern busy world.

Acara tersebut dilaksanakan di PPM School of Management, PPM Manajemen Menteng, Sabtu (7/3/2020). Dalam kesempatan tersebut, Maya menceritakan pengalamannya sebelum menjadi pengusaha sukses. Menurutnya, untuk bisa sukses menjadi pebisnis, maka harus memiliki bekal ilmu yang cukup.

Maya sendiri mengaku memulai usaha pada saat berusia 30 tahun. Ketika itu, dia bersama sang suami yakni Andreas Reza Nazaruddin membuka usaha BTS.

Meski usaha yang dijalankan bergerak di dunia laki-laki, tetapi Maya tetap mengedepankan bahwa perempuan harus tetap terlihat cantik, kuat, dan pintar. “Saya belajar itu semua dari Ibu saya,” ungkap pemilik ecommerce JD.ID itu.

Selain itu, dia juga mendapatkan banyak pelajaran berharga dari sang ayah yang merupakan salah satu pejabat di Kementerian Perhubungan sehingga dia terbiasa melihat ayahnya berkomunikasi sebagai seorang leader.

Dalam memimpin, Maya memiliki filosofi kepemimpinan Hastabrata. Hastabrata itu sendiri, filosofi kepemimpinan kompleks dan ideal.

Hastabrata sendiri berasal dari bahasa Sansakerta. Hasta artinya delapan dan Brata yaitu perilaku atau tindakan pengendalian diri. Hastabrata melambangkan kepemimpinan dalam delapan unsur alam yaitu bumi, matahari, api, samudra, langit, angin, bulan dan bintang.

“Jadi jika menjadi pemimpin harus seperti tanah (bumi) yang bermanfaat untuk semua, air (samudra) yang dapat menghapus dahaga setiap insan, api yang memiliki semangat yang tak pernah padam, bintang yang menyinari, matahari yang memberikan kehangatan dan seterusnya,” tuturnya.

Sumber : https://mayamirandaambarsari.com/ini-filosofi-kepemimpinan-yang-dipegang-maya-miranda-ambarsari-detail-424659