Dua Wanita Hebat Maya Miranda Ambarsari & Rany Fardiany Berbagi Tips Sukses Untuk Pengusaha Startup Pemula

Dua Wanita Hebat Maya Miranda Ambarsari & Rany Fardiany Berbagi Tips Sukses Untuk Pengusaha Startup Pemula

Maya Miranda Ambarsari

Bagi pebisnis manapun di Indonesia, nama Maya Miranda Ambarsari tentu sudah tidak asing lagi. Jika melihat sosoknya saat ini, mungkin banyak orang tidak percaya bahwa dia memulai bisnisnya dari nol. Kini Maya Miranda Ambarsari memang dikenal sebagai pemilik bisnis yang memiliki sejumlah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang industri, mulai dari pertambangan emas, perkapalan, properti, hingga e-commerce.


Perjalanan Bisnis Maya Miranda

Maya Miranda adalah satu-satunya pemegang saham perempuan di PT Merdeka Copper Gold Tbk yang telah beroperasi sejak tahun 2012 dengan bidang perdagangan, pertambangan, jasa pertambangan, jasa konsultasi manajemen penggunaan emas di berbagai aplikasi industri menjadi faktor penting lainnya mengapa permintaan emas akan meningkat. tidak surut.


Ia juga mulai menjajaki bisnis galangan kapal pada 2019, PT Batamec Shipyard, perusahaan galangan kapal paling efisien dengan infrastruktur yang tertata dengan baik, fasilitas yang lengkap dan penempatan peralatan yang canggih. Perusahaan galangan kapal ini juga telah menerima penghargaan ISO 9001:2008 untuk sistem manajemen mutu, serta sistem keselamatan dan kesehatan kerja dari BS OHSAS 18001:2007, serta sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2004.


Dia ingin mengembangkan bisnis ke bidang teknologi dan data, oleh karena itu PT.Teknologi Cakra Internasional lahir pada tahun 2021, dia ingin mewujudkan mimpinya bersama dengan Rany Fardiany, mereka memiliki visi dan misi yang sama untuk menciptakan dunia yang lebih baik dalam teknologi digital yang disediakan memperbaharui informasi dan data akurat bagi setiap pemilik usaha, investor, profesional dan pencari kerja sesuai kebutuhan.


Dialah yang berada di balik sosok Rany Fardiany, dia selalu memotivasinya untuk maju, sebagai rekan bisnis sekaligus teman terdekatnya, dia adalah sosok peran yang selalu menjadi inspirasi bagi Rany. Dari awal pertemuan mereka beberapa tahun lalu, entah kenapa mereka langsung merasa cocok satu sama lain, seolah ada chemistry kuat yang terasa menyatukan mereka berdua. Seolah alam semesta telah menggariskan mereka untuk bertemu dan berteman baik sambil membangun bisnis bersama untuk masa depan bangsa.



Kedua wanita hebat ini memiliki tujuan yang sama untuk memiliki banyak kontribusi dalam membangun masyarakat. Mereka selalu saling mendukung dan mengisi kekosongan serta saling menguatkan di setiap saat dan dalam situasi apapun. Mereka sering menghabiskan waktu bersama, terlihat dari foto kebersamaan mereka di Instagram Rany. Kedua wanita pengusaha ini bisa menjadi inspirasi bagi setiap wanita, dimana mereka bisa mengatur keseimbangan dalam hidupnya walaupun masih berperan dalam mengurus keluarga tetapi mereka juga wanita pengusaha yang sukses.


Rani Fardiany

Rany Fardiany adalah seorang pengusaha wanita di Indonesia yang juga seorang filantropis, memiliki keahlian di bidang keamanan siber & Teknologi Informasi, desainer, serta pemimpin perusahaan. Jabatan terakhirnya sekarang adalah CEO Cakra International Technology, sebuah perusahaan IT terkemuka. Beliau memiliki pengalaman beberapa tahun sebagai direktur pelaksana di perusahaan sebelumnya dan di bidang manajemen pendidikan. Dia telah berhasil mendidik banyak anak muda yang memiliki keahlian dalam keamanan siber selama dekade terakhir dan juga sangat terampil dalam manajemen perusahaan, pemasaran digital, keamanan informasi, pelatihan, eCommerce, dan desain kreatif.


Perjalanan Bisnis Rany Fardiany

Selain mengelola perusahaan di bawah naungan Teknologi Cakra Internasional, Rany Fardiany mendirikan dan menjalankan bisnis lain sebagai pengusaha sukses. Saat memulai bisnisnya di Teknologi Cakra Internasional, Rany dan timnya dengan gesit memunculkan ide untuk membuat platform bisnis untuk memenuhi ekspektasi pasar yang terus berkembang. Data Interkoneksi membantu pemilik bisnis menemukan data pasar dan informasi bisnis yang diperbarui dan akurat di industri mereka. Ini memungkinkan pengguna untuk mencapai tujuan bisnis mereka lebih cepat dengan menyediakan data dan informasi yang tepat di setiap tahap. Ini pada dasarnya memberi Anda informasi yang komprehensif tentang perusahaan publik dan swasta, start-up, mitra bisnis dan profesional yang relevan dengan kebutuhan dan minat pengguna. Ini menghubungkan perusahaan, mitra mereka, profesional, dan pencari kerja secara real-time ke data dan analitik otentik dari basis data yang sangat besar dan akurat.


Saat ini, brand tersebut telah berkolaborasi dengan berbagai perusahaan ternama, antara lain Bursa Efek Indonesia, Statista, S&P Global, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini telah membantu banyak perusahaan yang sedang berkembang dalam meningkatkan peluang pasar dengan memiliki data spesifik tentang tren pasar dan membedakan produk perusahaan mereka dan menyoroti keunggulan merek mereka dibandingkan pesaing mereka.


Rany kemudian mendirikan Arthology.id, yang juga beroperasi di bawah bendera Teknologi Cakra Internasional. Brand ini dibentuk untuk membantu perusahaan dalam menciptakan brand identity, strategic branding, personal branding, periklanan, produksi digital untuk perusahaan dan produknya. Arthology.id memproduksi desain dengan fokus pada strategi komunikasi, seni rupa, dan teknologi terkini. Bekerja di sana, Rany telah membantu berbagai merek dalam mengembangkan identitas dan produk perusahaan mereka. Dia berkontribusi dalam membentuk kesadaran merek setiap produk dan membentuk citra perusahaan di berbagai belahan dunia.


1. Mengetahui Tujuan Anda & Mengikuti Gairah Anda


Pengusaha pemula harus memulai bisnis yang mereka sukai dan ketahui. Jika Anda akan mengambil lompatan dan memulai bisnis Anda sendiri, itu akan menghabiskan banyak energi, waktu, dan uang. Cara terbaik untuk menjaga diri Anda tetap termotivasi melalui pasang surut adalah dengan melakukan apa yang benar-benar penting bagi Anda. Membeli bisnis terjangkau pertama yang tersedia hanya karena Anda ingin menjadi pengusaha adalah resep untuk


bencana. Jika Anda sangat menikmati suatu bisnis , lakukan riset dan lakukan semuanya. Tidak ada janji bahwa itu akan berhasil, tetapi ketika Anda mengikuti hasrat Anda, Anda tahu bahwa Anda akan memberikan segalanya. Startup bisa sangat merepotkan, jadi pilihlah sesuatu yang menggairahkan dan memotivasi Anda. Hindari bisnis atau industri yang belum terlalu Anda ketahui, karena kurva pembelajaran yang curam dapat menghambat kesuksesan Anda. Rany berkata, "Lakukan segala sesuatu dengan perasaan memiliki tujuan." Menjadi seorang pengusaha memerlukan lebih dari sekedar menjual barang. Ini bukan hanya tentang menghasilkan uang.


2. Fokus pada Spesifik & Lakukan riset Anda.


Jika Anda telah memutuskan apa passion Anda dan bagaimana Anda ingin mengejarnya, Anda perlu melakukan riset tentang bagaimana memulai bisnis Anda sendiri. Maya berkata: “Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memulai bisnis, seperti: Siapa pelanggan Anda? Bagaimana akan


Anda mendapatkan persediaan? Apakah jenis bisnis ini menghasilkan keuntungan di daerah Anda atau Anda harus kuat secara online?”. Sebelum Anda memasukkan semua yang Anda miliki ke dalam bisnis baru Anda, Anda perlu melihat dengan jujur ​​​​untuk melihat apakah itu ide yang layak. Ini sangat penting jika Anda mencoba sesuatu yang baru. Jika Anda membeli waralaba, Anda harus menyiapkan banyak bahan dari perusahaan induk.


Pilih ide bisnis yang memiliki peluang pasar yang besar. Melampaui buku dan berbicara dengan seseorang yang telah memulai bisnis yang serupa dengan apa yang ingin Anda lakukan. Apa masalah terbesar mereka yang dimulai? Seringkali, hal-hal yang tidak pernah Anda pikirkan dapat menahan Anda. Tanyakan seseorang yang tahu dan dapat membantu Anda memulai dengan bersih.


3. Kembangkan Rencana Bisnis & Jadilah Milik Anda Sendiri


Jika Anda selalu mendambakan hal itu, menjadi wirausahawan akan memberi Anda fleksibilitas untuk melakukan berbagai hal sesuai keinginan Anda. Anda membuat dan melanggar aturan Anda sendiri, mengontrol aturan Anda sendiri


jadwal, dan adalah bos Anda sendiri. Rany menyatakan bahwa menjadi seorang wirausaha berarti mengambil alih hidup sendiri daripada membiarkan orang lain mendominasi hidup seseorang.


Setelah Anda menjalankan angka-angkanya dan Anda yakin bahwa itu adalah ide yang bagus, mengembangkan rencana bisnis adalah langkah berikutnya. Rencana bisnis adalah cetak biru Anda untuk membuat bisnis Anda sukses. Ini menjabarkan konsep bisnis Anda, bagaimana Anda masuk ke pasar, dan detail tentang bagaimana keuangan Anda akan bekerja. Rencana bisnis Anda sangat penting jika Anda akan membutuhkan investor atau pinjaman bank karena mereka ingin melihat bahwa Anda telah memikirkan semuanya. Bahkan jika Anda tidak memerlukan pembiayaan, rencana bisnis adalah cara yang bagus untuk memahami bagaimana usaha baru Anda akan berhasil dan masalah apa yang dapat Anda hadapi.


4. Percaya pada tim Anda, Pekerjakan Orang yang Tepat & Jangan Pernah Berhenti Berjejaring


Pengusaha sering mengandalkan pengetahuan orang lain. Terlepas dari kenyataan bahwa Anda akan menangani sebagian besar pekerjaan, seorang ahli akan dapat melakukan beberapa hal dengan lebih baik, menurut Rany. Tunjukkan rasa terima kasih Anda kepada mereka yang akan membantu Anda. Setiap hubungan yang Anda kembangkan sepanjang perjalanan harus dipelihara. Mungkin Anda akan menemukan Maya Miranda Anda di perjalanan.


Kewirausahaan itu sulit, mendebarkan, dan bermanfaat pada saat yang bersamaan. Menjalankan bisnis sangat mirip dengan memiliki anak; itu membutuhkan banyak dedikasi. Pastikan bahwa Anda telah menempatkan segala sesuatu di dalamnya. Ketika Anda menuangkan semangat, usaha, dan kerja keras Anda ke dalamnya, Anda akan melihatnya berkembang. Pengusaha adalah seseorang yang memiliki keberanian untuk mengejar impian terliar mereka. Menurut Rany, wirausaha adalah seseorang yang memiliki keberanian untuk mengejar mimpinya.


Maya berkata: “Untuk memiliki perusahaan yang hebat, pertama-tama Anda perlu mempekerjakan orang yang tepat dan menempatkan mereka di tempat & posisi yang tepat”. Mempekerjakan orang yang salah adalah salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh pengusaha pemula. Anda perlu mendatangkan karyawan yang memiliki latar belakang dan pengalaman yang relevan. Mereka harus cocok dengan budaya perusahaan yang Anda coba bangun. Mereka harus bekerja keras dan fleksibel, karena karyawan di perusahaan rintisan sering kali harus berfungsi dalam berbagai peran. Anda harus melakukan pemeriksaan referensi menyeluruh pada mereka. Pastikan surat penawaran Anda mengatakan bahwa mereka adalah karyawan "sekehendak hati" dan dapat dihentikan kapan saja. Dalam berbisnis, Maya juga tidak bisa bekerja sendiri, menurutnya bekerja sama atau team work sangat penting dilakukan. Memiliki superteam yang hebat akan membuat kita lebih kuat.


Maya menambahkan : ”Dalam menjalankan bisnis kami, networking merupakan hal yang harus dibangun dan dipelihara agar dapat memberikan peluang bagi kami.” Jaringan dapat memberi Anda investor baru, karyawan hebat, pelanggan baru, atau mentor hebat. Hadiri acara industri dan startup. LinkedIn dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu jaringan Anda, jadi pastikan Anda dan perusahaan Anda memiliki profil di LinkedIn dan Anda terus menambahkan koneksi baru. Ketika seseorang melakukan pencarian Google pada Anda, profil LinkedIn Anda biasanya akan muncul di bagian atas hasil pencarian, jadi pastikan Anda membuat kesan pertama yang baik.


5. Bersiaplah untuk apapun & Minta Saran dari Pengusaha Lain


Rany percaya bahwa gagal mencapai sesuatu ratusan atau ribuan kali mungkin cukup mengecewakan bagi orang-orang tertentu. Namun, sebagai seorang wirausahawan, hidup Anda kemungkinan besar akan tampak sangat mirip dengan ini secara teratur. Bahkan jika Anda tidak merasa seperti ini sepanjang waktu, kemungkinan besar Anda akan mengalaminya sesekali. Pada satu titik, Anda mungkin merayakan keberhasilan pengenalan produk baru. Hal berikutnya yang Anda tahu, Anda dihadapkan dengan memadamkan lima api sekaligus, sebuah tanggung jawab yang, jika tidak dikelola dengan baik, dapat menenggelamkan perusahaan Anda. Setiap hari, pengusaha menaiki roller coaster pasang surut. Namun, ini harus diantisipasi.


Nasihat dari pengusaha lain dan profesional bisnis (seperti pengacara dan akuntan) terbukti sangat berharga. Pertimbangkan untuk membentuk dewan penasihat, dan jangan takut untuk memotivasi anggota dengan memberi mereka opsi saham di perusahaan Anda. Baca buletin industri dan publikasi startup. Temukan mentor yang dapat memberi Anda saran tentang perekrutan, pengembangan produk, pemasaran, dan penggalangan dana. Maya mengatakan bahwa : “Setiap wirausaha juga harus selalu melakukan yang terbaik (best of everything) dengan memberikan kinerja yang baik agar kita dapat terlihat baik di mata rekan kerja. Selain itu, yang terpenting adalah jangan pernah berhenti belajar.”


6. Jaga Diri Anda & Teliti Kompetisi


Berfokuslah untuk membangun produk atau layanan yang hebat tetapi jangan terlalu lama untuk diluncurkan. Tidak ada pebisnis yang menjadi superman. Produk atau layanan Anda setidaknya harus bagus, jika tidak bagus, untuk memulai. Itu harus dibedakan dalam beberapa cara yang berarti dan penting dari penawaran pesaing Anda. Semua yang lain mengikuti dari prinsip ini. Jangan berlama-lama mengeluarkan produk Anda ke pasar, karena umpan balik pelanggan awal adalah salah satu cara terbaik untuk membantu meningkatkannya.


Akan ada banyak hari yang sulit di depan. Jika Anda tidak pernah ingin istirahat, tidak ada batasan seberapa kuat Anda bisa. Jangan merasa tidak enak untuk berlibur ketika Anda benar-benar membutuhkannya karena itu akan menjadi istirahat yang layak setelah semua kerja keras yang Anda lakukan, kata Rany.


Pastikan Anda benar-benar meneliti produk atau layanan kompetitif di pasar, dan terus mengikuti perkembangan dan peningkatan baru dari pesaing Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyiapkan peringatan Google untuk memberi tahu Anda ketika ada informasi baru tentang pesaing Anda muncul secara online.


7. Pasar dan Lakukan Pasar Lagi, Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda & Dapatkan Nyaman dengan Berbicara di Depan Umum


Anda harus terus-menerus menarik, membangun, dan bahkan mendidik pasar Anda. Pastikan strategi pemasaran Anda mencakup hal-hal berikut: (a) Bangun situs web yang terlihat profesional dan terkini, (b) Pelajari dasar-dasar SEO (pengoptimalan mesin telusur) sehingga orang yang menelusuri produk dan layanan Anda dapat menemukan Anda di dekat bagian atas hasil pencarian, (c ) Gunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda (LinkedIn, Facebook, Twitter, Pinterest, dll.), (d) Terlibat dalam pemasaran konten dengan menulis artikel tamu untuk situs web yang relevan, Mengeluarkan siaran pers untuk setiap peristiwa penting, (e) Menerbitkan siaran pers untuk setiap peristiwa penting.


Maya berkata: ”Communication Skill atau kemampuan berkomunikasi sangat penting dalam setiap bisnis dan pekerjaan. Meskipun kita tidak memiliki usaha sendiri, jika kita bekerja di perusahaan orang lain, kita tetap membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik untuk berkomunikasi dengan orang lain, termasuk untuk bernegosiasi dengan klien, untuk mempresentasikan produk atau layanan kita kepada klien atau pelanggan, untuk mempengaruhi orang lain, dan untuk meyakinkan klien atau pelanggan kami tentang proyek kami, dan seterusnya.”


Menurutnya, hal ini sangat penting diterapkan agar kita bisa berkomunikasi dengan berbagai kalangan, dan tidak pernah meremehkan lingkungan dimanapun kita berada. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dapat menjadi penting untuk mendapatkan pelanggan, menginspirasi karyawan, dan menawarkan investor untuk meningkatkan modal. Kebanyakan orang tidak pandai berbicara di depan umum dan bahkan banyak yang takut akan hal itu. Anda harus bekerja untuk mengatasi ketakutan ini. Pertimbangkan untuk bekerja dengan pelatih berbicara di depan umum atau bisnis untuk berlatih, dapatkan umpan balik profesional


dan meningkatkan. Beberapa pengusaha yang paling dikenal adalah pembicara publik yang hebat, seperti Steve Jobs.


8. Sewa Pengacara Startup yang Berpengalaman


Anda memerlukan pengacara bisnis yang cerdas untuk perusahaan Anda, yang telah secara teratur membentuk dan memberi nasihat kepada banyak pengusaha lain dan yang berspesialisasi dalam perusahaan rintisan. Pengacara pemula yang berpengalaman dapat membantu Anda dalam hal-hal seperti ini: (1) Menggabungkan, (2) Membuat kontrak dengan salah satu pendiri, (3) Menyiapkan perjanjian utama untuk bisnis, (4) Mengatur rencana opsi saham untuk karyawan, (5) Menyiapkan surat penawaran perlindungan kepada calon karyawan, (6) Membantu Anda menegosiasikan persyaratan dengan calon investor, (7) Membatasi potensi kewajiban hukum Anda, (8) Melindungi ide dan penemuan Anda melalui hak cipta, paten, dan perjanjian kerahasiaan .


Dapatkan rekomendasi dari pengusaha lain dan pemodal ventura jika diperlukan. Pastikan Anda memiliki hubungan yang baik dengan pengacara. Temui beberapa calon pengacara sebelum Anda membuat keputusan akhir, pertemuan pertama itu seharusnya gratis.


9. Tingkatkan Pendanaan Startup sebanyak yang Anda bisa, Pantau Keuangan Anda Secara Terus-menerus & Berikan Layanan Pelanggan yang Hebat


Hampir selalu lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengumpulkan pembiayaan awal daripada yang Anda pikirkan. Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki bantalan untuk semua biaya pengembangan produk dan pemasaran yang akan Anda keluarkan. Di dunia yang ideal, Anda akan memiliki modal yang cukup untuk operasi Anda mencapai titik impas. Jangan khawatir tentang menipiskan persentase kepemilikan Anda di perusahaan. Mengembangkan produk yang hebat membutuhkan waktu dan uang.


Anda harus tetap di atas semua pengeluaran Anda, pendapatan dan neraca. Banyak startup yang gagal karena pengusaha tidak dapat menyesuaikan pengeluaran untuk menghindari kehabisan uang tunai. Pertahankan overhead yang rendah. Berhematlah dengan pengeluaran dan hindari pengeluaran yang tidak perlu. Belajarlah untuk hidup dengan anggaran yang hemat sampai pendapatan yang berarti mulai mengalir masuk. Rany memberikan saran untuk menjaga keseimbangan dalam kondisi yang baik, terus-menerus memantau arus kas awal Anda dan mengontrol neraca Anda setiap bulan.


Banyak perusahaan menjadi sangat sukses karena mereka berfokus pada penyediaan layanan dan dukungan pelanggan yang sangat baik. Anda ingin pelanggan awal Anda memberikan referensi


kesimpulannya


Baik Maya Miranda maupun Rany Fardiany adalah wanita hebat dengan begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan pada saat yang bersamaan. Cara mereka menangani banyak bisnis membuat mereka dianugerahi sebagai wanita bisnis paling berpengaruh di Indonesia. Itulah sebabnya kami telah memberikan beberapa tips efektif untuk Anda dari sudut pandang mereka. Bantuan dan nasehat dari seseorang yang profesional dan sukses di bidangnya biasanya akan berdampak positif bagi orang lain dan akan bekerja lebih efektif. Kami berharap artikel ini akan membawa perubahan yang jauh lebih baik dalam hidup Anda.


Sumber: https://redxmagazine.com/two-great-women-maya-miranda-ambarsari-rany-fardiany-shared-successful-tips-for-beginners-startup-entrepreneurs/

Sumber : https://mayamirandaambarsari.com/dua-wanita-hebat-maya-miranda-ambarsari-amp-rany-fardiany-berbagi-tips-sukses-untuk-pengusaha-startup-pemula-detail-442179