Bentuk Karakter Anak dengan Self Motivation

Bentuk Karakter Anak dengan Self Motivation

Dalam rangka memperingati ‘International Women’s Day’, Selasa, 8 Maret 2016, Soroptimist International DKI Jakarta (SI DKI Jakarta) melaksanakan kegiatan ‘Self Motivation Day’ yang ditujukan kepada anak-anak di Rumah Belajar Miranda. Kegiatan ini dihadiri para pengurus SI DKI Jakarta. Selain memberikan materi edukasi bagi anak-anak, kegiatan ini diselingi dengan permainan motivasi diri.

Awalnya anak-anak terlihat malu ketika Ibu Martha Simanjuntak (pemberi materi), Founder IWITA(Indonesian Women IT Awareness) melemparkan beberapa pertanyaan kepada anak-anak dari Rumah Baca Miranda (RBM). Ibu Martha mengajar anak-anak di Rumah Baca Miranda. Dengan interaktif, Ibu Martha mengajak mereka berbicara, berbincang dan bermain sambil menjelaskan tentang handphone, internet dan media social secara umum. Tanpa terasa, anak-anak pun berani bicara dan maju tampil ke depan.

DSC_0193.JPG

DSC_0195.JPG

DSC_0197.JPG

DSC_0199.JPG
Martha Simanjuntak, Founder IWITA

Ada sekitar 20 anak perempuan RBM, dengan rata-rata usia 6 sampai 11 tahun yang mengikuti kegiatan ini. Tidak mudah memang untuk menjadi bagian dari orang yang dipercaya oleh anak-anak sebagai seseorang yang bisa mengubah atau membantunya dalam memiliki kepercayaan diri sebagai self motivation. 

Keterbukaan pola pikir untuk berani berbicara di depan umum serta percaya diri menjadi salah satu dorongan agar anak memiliki self motivation. Menurut Martha Simanjuntak hal ini dapat membantu anak-anak khususnya anak perempuan dapat membangun rasa percaya diri sehingga mampu berdiri sendiri, membentuk dirinya semakin yakin dengan kemampuannya sendiri dalam menggapai cita-cita dan harapan.


DSC_0218.JPG

DSC_0278.JPG

DSC_0281.JPG

Begitu pula dengan pemberitahuan akan kegunaan handphone dan pemanfataannya, terutama pada penggunaan koneksi internet yang menyambung media sosial, menjadi salah satu titik awal, bahwa anak-anak boleh menggunakan handphone, asalkan tahu baik dan buruknya. Dari sana, diharapkan anak paham dan memiliki konsep diri dalam menggunakan handphone dan internet.

DSC_0298.JPG
Any Aryani - President Soroptimist International DKI Jakarta

DSC_0307.JPG

DSC_0313.JPG

Sumber : https://mayamirandaambarsari.com/bentuk-karakter-anak-dengan-self-motivation-detail-36475