Bandara Buleleng Bali Utara Siap Dibangun 2020

Bandara Buleleng Bali Utara Siap Dibangun 2020

 Kementerian Perhubungan menyebutkan Bandara Buleleng (North Bali International Airport), Bali, rencananya mulai dibangun pada 2020 setelah sejumlah proses seperti rencana induk, penetapan lokasi hingga proses perencanaan diselesaikan.

"Hampir semua lahannya milik adat. Gubernur dan Bupati menjanjikan lahan tidak ada masalah sehingga kami bisa melanjutkan proses penetapan lokasi," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (30/12/2018).

Menteri Perhubungan Udara Budi Karya Sumadi didampingi Dirjen Perhubungan Udara dan Gubernur Bali Wayan Koster serta Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana meninjau lokasi pembangunan bandara baru di Kubutambahan.

Menurut Polana, secara umum lahan tersebut tidak memiliki kendala berarti mengingat merupakan tanah desa sehingga tidak perlu pembebasan lahan.

Selain itu, dari sisi lokasi, lanjut dia, juga sangat bagus karena tidak ada kendala seperti dari aspek sosial yang sedikit tempat suci Hindu atau pura, makam, dan tidak banyak masyarakat yang menghuni daerah itu. Begitu juga dari aspek operasi dan teknis, diyakini tidak menemui kendala.

Polana menyebutkan lokasi bandara baru di Bali Utara itu rencananya dibangun di wilayah darat Kubutambahan seluas sekitar 400 hektare dan lokasi itu ideal untuk pembangunan bandara.

"Namun, nanti harus disiapkan pemda untuk akses jalan short cut ke utara," ucapnya seusai memeriksa kelaikan pesawat udara di Bandara Ngurah Rai.

Sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster meresmikan proyek pembangunan jalan pintas antara Kota Singaraja-Mengwitani, dengan dilakukannya peletakan batu pertama di Desa Pegayaman, Kabupaten Buleleng, Rabu (14/11/2018).

Jalan short cut Denpasar-Buleleng yang dimulai di titik 5 - 6 tepatnya di Desa Pegayaman tersebut ditargetkan selesai pada 2021.

sumber : https://ekonomi.bisnis.com/read/20181230/98/874014/bandara-buleleng-bali-utara-dibangun-mulai-2020

Sumber : https://mayamirandaambarsari.com/bandara-buleleng-bali-utara-siap-dibangun-2020-detail-408209