Peran Besar Sang Ayah Dalam Membentuk Karakter Khalifah
Senin, 13 Januari 2020
Maya Miranda Ambarsari
Bagikan

Peran Besar Sang Ayah Dalam Membentuk Karakter Khalifah

Tidak hanya seorang ibu, peran seorang ayah dalam pengasuhan tumbuh kembang anak sangatlah penting terutama dalam membentuk karakter anak. Berdasarkan situs Sahabat Keluarga Kemendikbud yang dikutip dari theasiaparent, disebutkan bahwa anak yang mendapatkan pengasuhan seorang ayah dalam keseharian, memiliki rata-rata nilai IQ lebih tinggi.

Selain itu, secara ilmiah anak yang mendapatkan pengasuhan ayah saat masa tumbuh kembang, akan memiliki lebih sedikit masalah perilaku dan akan menjadi individu yang lebih baik secara sosial dan akademis.    

Tak heran bila saat ini Muhammad Khalifah Nasif, putra dari Maya Miranda Ambarsari dan Andreas Reza memiliki prilaku sopan santun dan karakter yang sangat positif. Hal tersebut tidak lepas dari peran besar kedua orang tuanya dalam mendidik dan membesarkannya.

Dalam kutipan wawancara program acara Happy Parenting DAAI TV, Maya secara blak-blakkan mengatakan bahwa selama ini Reza lah yang memiliki peran besar dalam mendidik Khalifah baik secara akhlak maupun pendidikan mata pelajaran.

Bahkan pada saat memimpin rapat sekali pun, ketika Khalifah meminta ayahnya untuk mengajarkannya belajar, serta merta Reza langsung pulang ke rumah.

“Mas Reza ini walaupun lagi meeting tetapi saat Khalifah yang lagi mengerjakan PR atau ujian lalu telepon papanya untuk belajar, papanya akan langsung berhenti meeting dan pulang ke rumah untuk mengajari Khalifah di rumah,” ujar Maya secara terbuka.

Ini menunjukkan betapa keluarga memiliki peran yang sangat besar bagi seorang Andreas Reza pun Maya Miranda Ambarsari.Dalam mendidik buah hatinya tersebut, Maya dan Reza selalu menekankan pentingnya komunikasi secara nyaman layaknya bersama sahabat.

“Khalifah itu dari kecil sudah kita didik untuk speak out dengan kita sehingga dia merasa nyaman untuk mengungkapkan apa yang dia ingin utarakan,” tutur Maya.

Apalagi sang ayah, Andreas Reza, yang sangat meluangkan waktunya bagi Khalifah. “Dari kecil itu, apalagi Mas Reza ini sangat full untuk Khalifah, mulai dari belajarnya, kebutuhannya,  men to men talk, every single thing, sparing partner. Jadi sangat luar biasa sehingga Khalifah bisa grow up dengan percaya diri dan itu yang paling penting, dia tahu apa yang dia mau,” ujarnya.

Sementara itu, di mata Reza, Khalifah merupakan sosok anak yang sangat istimewa. “Saya selalu bilang sama teman-teman, bahwa Khalifah ini lain daripada yang lain, very special. Dia punya kemauan yang kuat, pendirian yang teguh, bertangung jawab, lepas dari peran orang tua mendidik sehari-hari, tapi anak ini sangat bertanggung jawab pada dirinya.”

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar