Merdeka Copper (MDKA) gencar eksplorasi untuk menemukan potensi tambang baru
Selasa, 27 November 2018
Maya Miranda Ambarsari
Bagikan

Merdeka Copper (MDKA) gencar eksplorasi untuk menemukan potensi tambang baru

PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) terus melakukan eksplorasi dan pembangunan area tambang Oksida Tujuh Bukit dan Wetar. Pembangunan dan rencana ekspansi untuk wilayah proyek Oksida Tujuh Bukit meliputi pembuatan sirkuit pabrik persiapan bijih atau ore preparation plant, perluasan seluruh tempat pelindian tumpukan bahan tambang atau heap leach pad dari berkapasitas 36 juta ton menjadi 56 juta ton, serta debottlenecking atau pelebaran sumbatan aliran produksi pabrik.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Senin (5/11), MDKA menyebut, pekerjaan Oksida Tujuh Bukit telah rampung. Kapasitas produksi emas dan perak 4 juta ton per tahun akan meningkat menjadi maksimum 8 juta ton per tahun. Adapun modal yang dibutuhkan diperkirakan US$ 41 juta dan akan menghasilkan penambahan 37% emas dan 95% perak selama umur tambang, yaitu 9 tahun dan berakhir pada kuartal pertama 2025.

Merdeka Copper pun memulai proyek tambang bawah tanah emas tembaga Porfiri Tujuh Bukit. PT Machamon Mining Services akan menangani proyek Porfiri Tujuh Bukit, terkait pembangunan terowongan eksplorasi hingga titik 493 meter (dari total 1.990 meter).

Terowongan tersebut diperkirakan akan selesai pada Kuartal-III 2019, bergantung pada kondisi tanah. Pada tahap peertama rencanannya akan dilakukan pengeboran 50.000 meter. Perkiraan saat ini, hasil pengeboran ini mengandung perolehan kasar tembaga pada kisaran 89%-94%, perolehan emas pada kisaran 79%-85% dan perolehan molibdenum pada kisaran 66%-89%.

Sedangkan untuk Wetar, melalui Merdeka Mining Service akan dilakukan eksplorasi disekitar tambang Partolang (kedalaman 4.000 m-5.000 m) dan Baramanu (800 m) untuk mengevaluasi potensi emas-perak dan badan-badan sulfida kecil. Untuk saat ini, MDKA tengah mengurus izin penerbangan akhir untuk survei elektromagnetis dan magnetis melalui udara yang menargetkan mineralisasi sulfida masif volkanogenik. Area survei mencakup area seluas 111 kilometer persegi serta menjadi program geofisika udara pertama yang dilakukan oleh MDKA

sumber: https://investasi.kontan.co.id/news/merdeka-copper-mdka-gencar-eksplorasi-untuk-menemukan-potensi-tambang-baru

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar