Merdeka Copper Gold Jual Emas ke Hong Kong 139 Kg
Sabtu, 10 Juni 2017
Maya Miranda Ambarsari
Bagikan

Merdeka Copper Gold Jual Emas ke Hong Kong 139 Kg

PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) telah melakukan penjualan emas perdana sebanyak 139 kilogram (kg) pada Mei 2017. Dari penjualan tersebut, perusahaan akan mendapatkan dana segar sebesar US$5 juta.

Sekretaris Perusahaan Merdeka Copper Ellie Turjandi menjelaskan, meski penjualan dilakukan pada Mei lalu, tetapi dana hasil penjualan baru akan diraih pada Juni ini. 

"Itu untuk penjualan di HSBC Hong Kong," terang Ellie, dikutip Jumat (9/6).

Penjualan perdana ini seiring dengan produksi emas yang baru dilakukan perusahaan pada 17 Maret lalu. Total produksi perdana emas Merdeka Copper sendiri tercatat sebanyak 69.741 gram.

Selain ke Hong Kong, perusahaan juga memiliki pasar baru dan telah melakukan kontrak dengan Bank Nova Scotia yang berkantor pusat di Kanada. Untuk lebih melebarkan sayapnya, manajemen mengklaim juga telah melakukan pembicaraan dengan calon pembeli di Australia dan Singapore.

"Kami juga jajaki dengan Perth Mint dari Australia dan Metallore dari Singapore," ucap Ellie.

Ellie tidak dapat memastikan kedua pihak tersebut akan melakukan penawaran harga atas penjualan emas Merdeka Copper tahun ini. Pasalnya, saat ini, pihaknya masih menunggu angka penawaran yang pasti sebelum melakukan penjualan.

"Kami lihat harga internasional, kemudian kami bilang bahwa kami tanggal sekian ada produksi sekian kg, apakah mau beli atau tidak, nanti dia masukan bid dia berapa," papar Ellie.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, perusahaan menargetkan rata-rata produksi tahunan sekitar 100 ribu ons emas dan 300 ribu ons perak dalam waktu sembilan tahun ke depan.

Saat ini, perusahaan memiliki lahan tambang di kawasan Tujuh Bukit, Bayuwangi, Jawa Timur. Adapun secara keseluruhan, sumber daya mineral proyek Tujuh Bukit ditaksir mencapai sekitar 30 juta ons emas, 79 juta ons perak, 19 lbs tembaga.

Produksi Tembaga

Selain emas, perusahaan juga berencana untuk merambah bisnis tembaga. Saat ini, Merdeka Copper telah mengantongi pinjaman sebesar US$15 juta untuk melakukan studi kelayakan di lahan yang memiliki potensi pengembangan tambang jenis tembaga.

"Itu kebutuhan dananya besar sekali, US$15 juta baru untuk studi sangat awal," tutur Ellie.

Sumber : http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170609095500-92-220517/perdana-merdeka-copper-gold-jual-emas-139-kg-ke-hong-kong/

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar