Menteri PPPA Apresiasi Rumah Belajar Miranda
Kamis, 30 Mei 2019
Maya Miranda Ambarsari
Bagikan

Menteri PPPA Apresiasi Rumah Belajar Miranda

Jakarta, CityPost - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Yohana Yembise mengajak seluruh masyarakat, terutama dunia usaha untuk bersama–sama memberikan pengasuhan dan pendidikan terbaik bagi anak–anak demi menekan angka kekerasan yang terjadi.

Yohana menjelaskan, Kemen PPPA baru–baru ini meluncurkan SNPHAR 2018 yang menunjukkan bahwa 3 dari  5 anak perempuan dan 1 dari 2 anak laki-laki mengalami kekerasan emosional. Sedangkan, untuk kekerasan fisik terjadi pada 1 dari 3 anak laki-laki dan 1 dari 5 anak perempuan. Salah satu temuan dari survei tersebut adalah pelaku kekerasan banyak dilakukan oleh temannya sendiri.

“Tingginya angka kekerasan terhadap anak kita yang dibuktikan dengan hasil Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) 2018 berawal dari gagalnya pengasuhan dan pendidikan yang diberikan kepada anak – anak kita. Hal ini mengakibatkan anak-anak akan rentan mengalami berbagai tindak kekerasan dan bukan tidak mungkin menjadi pelaku kekerasan itu sendiri," kata Yohana di panggung fashion show acara amal bertajuk Share Our Love With Rumah Belajar Miranda yang berlangsung di Jakarta, Rabu (29/5).

Karena itulah, Yohana mengingatkan bahwa mendidik anak untuk tidak melakukan kekerasan merupakan tanggung jawab bersama.

"Selain itu, mengingat banyak kekerasan dilakukan oleh teman sebayanya sendiri, pendidikan pada anak untuk tidak melakukan kekerasan juga harus terus menerus kita lakukan dan merupakan tugas dan kewajiban kita bersama,” tegasnya.

Dalam kegiatan ini, Menteri Yohana juga mengapresiasi Rumah Belajar Miranda yang digagas oleh Maya Miranda karena telah menyediakan wadah bagi masyarakat, termasuk anak – anak agar dapat menjalani berbagai kegiatan pendidikan, di antaranya majelis ta`lim, taman pendidikan Al-Quran, kursus matematika, program pendidikan Bahasa Inggris, kursus baca tulis, taman bacaan, serta literasi media.

Yohana berharap agar semua pihak, terutama dunia usaha untuk melakukan berbagai upaya perlindungan dan pemenuhan anak melalui berbagai kegiatan sosial seperti yang dilakukan Rumah Belajar Miranda.

“Saya mengajak seluruh dunia usaha agar bersama – sama melakukan kegiatan sosial. Kita masih banyak menghadapi berbagai tantangan terutama dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kepedulian dunia usaha dan para pelaku bisnis terhadap anak-anak adalah kepedulian kita bersama akan masa depan kita, masa depan Indonesia,” kata Yohana. (red/ist)

sumber: https://citypost.id/27604-berita-menteri-pppa-apresiasi-rumah-belajar-miranda-

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar