Lima Tips Menjadi Pengusaha Ala Maya Miranda Ambarsari
Sabtu, 14 September 2019
Maya Miranda Ambarsari
Bagikan

Lima Tips Menjadi Pengusaha Ala Maya Miranda Ambarsari

Maya Miranda Ambarsari, pengusaha wanita yang sukses menjalankan sejumlah bisnis di berbagai bidang mulai dari pertambangan, migas, property, hingga kecantikan berbagi tips sukses kepada masyarakat yang ingin menjalankan bisnis.

Berikut lima tips sukses menjadi pengusaha ala Maya Miranda Ambarsari

1.   1.    Mempunyai cita-cita menjadi pengusaha.

Kalau seseorang ingin menjadi pengusaha, maka dia harus memiliki cita-cita dan target yang ingin digapai sehingga akan bisa serius untuk mewujudkannya karena merasa bahwa passionya ada di situ.

2.      2.  Mengenal betul diri sendiri

“Kita tidak tahu akan kemana kalau belum mengenal diri sendiri. Maka kalau memang mau menjadi pengusaha, maka saya biasanya akan melakukan SWOT analisis yaitu mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Saya pelajari secara details dan saya bandingkan apa yang akan terjadi bila bisnis tersebut dijalankan.

3.      3.  Fokus dan disiplin diri

Man Jadda Wa Jadda. Kalau kita bersungguh-sungguh maka kita akan berhasil. Bila kita fokus dengan apa yang dilakukan, disiplin dan istiqomah menjalankan bisnis secara serius dan bersemangat, mudah-mudahan berhasil sehingga menjadi pengusaha seperti yang diinginkan.

4.      4.  Network

Di dalam dunia bisnis, keahlian itu memang penting tetapi kalau kita tidak mengenal orang lain atau tidak memiliki jaringan yang luas untuk mengembangkan produk, maka itu akan sia-sia. Karena itu, network itu yang paling penting. Mempunya banyak teman dan jaringan akan membantu kita dalam menjalankan bisnis sehingga bisa mendapatkan banyak informasi. Bisa transfer of knowledge, transfer of knowhow.

5.      5.  Partnership

Dalam dunia bisnis, jangan haramkan partnership. Kalau kita ada partner yang bisa mengembangkan proyek kenapa tidak. Dengan adanya partner kita akan berbagi pengalaman, berbagi modal, berbagi risiko. Maka saya menganjurkan untuk orang yang pertama buka bisnis, carilah partner yang tepat. Lihatlah CV calon partner bisnis kita, pelajari betul latar belakangnya sehingga tahu betul bahwa beliau orang yang tepat dalam menjalankan bisnis kita.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar