Lagi, Batamec Shipyard Dipercaya Bangun Kapal BCM TNI AL
Sabtu, 21 November 2020
Maya Miranda Ambarsari
Bagikan

Lagi, Batamec Shipyard Dipercaya Bangun Kapal BCM TNI AL

Untuk kedua kalinya, perusahaan galangan kapal nasional, PT Batamec Shipyard, kembali dipercaya oleh TNI Angkatan Laut untuk menyediakan satu unit kapal yang dirancang sebagai Kapal Bantu Cair Minyak (BCM) berkapasitas 5.500 ton.

Hal itu ditandai dengan peletakkan lunas/Keel Laying dan pernyataan resmi pembangunan Kapal BCM dengan prosesi penekanan tombol sirine oleh Asintel Kasal Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua, di Galangan Kapal PT Batamec Shipyard, Tanjung Uncang, Batam Kepri, pada pertengahan November ini (18/11).

Pada kesempatan itu, dilakukan penandatanganan berita acara keel laying pembangunan kapal oleh Presiden Direktur PT Batamec Shipyard Maya Miranda Ambarsari bersama Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo, CHRMP selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Penandatanganan itu juga disaksikan oleh Asintel Kasal.

“Kapal BCM ini merupakan kapal kedua yang kami bangun untuk kebutuhan TNI AL. Kami akan menjaga kepercayaan ini, semoga semua berjalan lancar, tepat waktu, dan tepat mutu sehingga dapat mendukung kegiatan operasional TNI AL,” ungkap Maya Miranda.

Lebih jauh ia menerangkan, proses pembangunan kapal akan dilaksanakan secara multiyears mulai 2020 hingga 2022 dengan menggunakan dana APBN. Sebelum prosesi Keel Laying, sebelumnya pada 5 Agustus 2020 telah dilaksanakan First Steel Cutting.

Sementara itu, Asintel Kasal Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua menegaskan, “Pembangunan Kapal BCM ini merupakan tindak lanjut pengadaan Alutsista dalam upaya meningkatkan kekuatan dan kemampuan TNI AL yang mengacu pada Minimum Essential Force yang telah ditetapkan.”

Saat ini, menurutnya, TNI AL terus melakukan modernisasi Alutsista. Dalam proses pembangunan kapal, TNI AL mempercayakan kepada perusahaan dalam negeri seiring dengan semakin menggeliatnya industri galangan kapal nasional, salah satunya PT Batamec Shipyard.

“Kami berharap PT Batamec mampu meningkatkan mutu serta kemampuan dalam membangu kapal perang produksi dalam negeri yang berteknologi tinggi, sehingga PT Batamec bisa menjadi referensi TNI AL untuk menjalin kerjasama di masa mendatang,” pungkas Angkasa Dipua.

Sumber : https://mix.co.id/marcomm/news-trend/lagi-batamec-shipyard-dipercaya-bangun-kapal-bcm/

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar