JD.ID Marketplace Milik Maya Miranda Ambarsari, Jadi Unicorn Keenam
Sabtu, 29 Februari 2020
Maya Miranda Ambarsari
Bagikan

JD.ID Marketplace Milik Maya Miranda Ambarsari, Jadi Unicorn Keenam

JD.id baru saja meraih status startup unicorn dengan valuasi yang mencapai 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14,1 triliun. Ini membuat JD.id menjadi penghuni baru daftar startup unicorn Indonesia, yang sebelumnya ada Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan Ovo.

Dengan nama JD, yang kita kenal juga sebagai raksasa e-commerce di China sana, membuat orang beranggapan JD.id juga bukan berasal dari Indonesia.

Sejatinya, startup JD.id pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015. Terbentuknya JD.id merupakan prakarsa dari JD.com yang bermitra dengan Provident Capital.

Maya Miranda Ambarsari, wanita pengusaha asal Indonesia merupakan salah satu owner yang memegang saham di JD.ID.

Saat ini, JD.id dipimpin oleh Zhang Li yang telah menjabat sejak 2015. Di bawah kepemimpinannya bisnis JD.id berkembang sangat pesat. Berdasarkan data crunchbase, jumlah produk dari 10 ribu pada tahun 2015, menjadi sekitar 100 ribu pada akhir 2016. 

Hingga kini, JD.ID telah dipercaya banyak millennials lantaran menawarkan orisinalitas barang yang dijualnya. Miranda dan timnya gencar promosi di sejumlah tempat untuk meningkatkan brand awareness. 

JD.id juga menyediakan layanan pengiriman yang mencapai 365 kota di seluruh Indonesia dengan ribuan armada yang siap mengirimkan langsung ke pelanggan mereka.

JD.id juga melakukan banyak inovasi yang dilakukannya di Indonesia. Seperti membuka toko offline pertama mereka bernama JD.id X dengan konsep tanpa kasir berkat penerapan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Selain itu, JD.id sudah menguji teknologi pengiriman paket menggunakan drone sejak awal tahun 2019. Uji coba tersebut menandai untuk pertama kalinya JD.com menguji drone miliknya di luar China. Sebelumnya, mereka telah menerapkan metode pengiriman menggunakan drone ini di China.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar