Emansipasi Ajarkan Wanita Berkarya dan Berkarir
Senin, 15 Februari 2021
Maya Miranda Ambarsari
Bagikan

Emansipasi Ajarkan Wanita Berkarya dan Berkarir

Peran wanita dalam berkarir kini semakin terlihat, baik itu sebagai pekerja maupun pengusaha. Emasipasi wanita menjadikan mereka bukan hanya ditempatkan  di dapur sebagai ibu rumah tangga, melainkan juga bisa berkarya dan berusaha untuk menopang perekonomian keluarga.

Pemilik dan President Director PT. BATAMEC Shipyard (galangan kapal) Maya Miranda Ambarsari mengatakan di era globalisasi ini, peran wanita di  dunia kerja seringkali disepelekan, kesenjangan gender masih sering terjadi di dunia kerja. Banyak yang berpendapat bahwa sebaiknya perempuan tidak bekerja, karena dianggap bahwa laki-laki yang sepatunya bekerja di luar rumah sebagai tulang punggung keluarga. 

"Bukan hanya bekerja, bahkan saat ini tidak jarang kita temui perempuan yang aktif di berbagai bidang usaha. Jika dulu bidang usaha hanya dilakukan oleh laki-laki, sekarang banyak perempuan yang terjun ke dunia bisnis dan berhasil berada di tapuk pimpinan tertinggi," kata Maya di Jakarta, Senin (1/2/2021).

Lebih lanjut dia menjelaskan, bidang usaha yang di gelutipun tidak terbatas pada bidang yang yang sifatnya feminin, para perempuan hebat ini bahkan sukses berkecimpang dalam bidang usaha yang selama ini identik dengan kaum adam.

Selain dirinya, berikut empat perempuan hebat yang sukses menggeluti bisnis kaum adam, diantaranya :

1. Susi Pudjiastuti yang bernama lengkap Dr. (H.C.) Susi Pudjiastuti, lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965 ini, bergerak di bidang kelautan dan industri penerbangan. 

2. Noni Purnomo yang bernama lengkap Noni Sri Ayati Purnomo, B.Eng., MBA, lahir pada 20 Juni 1969, menggeluti bidang transportasi. 

3. Dian Siswarini yang lahir di Majalengka 5 Mei 1968, menggeluti bidang telekomunikasi. 

4.Teresa Wibowo bergerak di bidang e-commerce. Teresa merupakan pimpinan Ruparupa.com, yang merupakan saluran omni e-commerce terbesar di Indonesia, melibatkan lebih dari 300 toko Kawan Lama Retail yang tersebar di 41 kota di Indonesia dengan lebih dari 60 ribu jenis produk. 

Itulah lima perempuan hebat yang terjun ke dalam dunia usaha dan berhasil menjadi pemimpin (CEO) di perusahaannya. 

sumber : https://rri.co.id/jakarta/1671-ekonomi/969946/emansipasi-ajarkan-wanita-berkarya-dan-berkarir?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar