Dua Kapal Perintis Batamec Buka Akses Daerah Terpencil
Sabtu, 07 Desember 2019
Maya Miranda Ambarsari
Bagikan

Dua Kapal Perintis Batamec Buka Akses Daerah Terpencil

PT. Batamec mengirim dua kapal perintisnya yaitu kapal "Sabuk Nusantara 108" dan "Sabuk Nusantara 109" pada 11 Oktober 2019 ke lokasi yang ditentukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Departemen Perhubungan sebagai pemberi kerja.

Sabuk Nusantara 108 berlayar menuju Pelabuhan Kupang, Nusa Tenggara Timur dan Sabuk Nusantara 109 berlayar menuju Pelabuhan Tahuna, Sulawesi Utara.

Sebagai kapal perintis yang bertugas menghubungkan dan membuka akses ke daerah-daerah terpencil, Sabuk Nusantara 108 dan 109 diharapkan dapat meningkatkan efektivitas rute transportasi laut di salah satu pulau terluar di Indonesia.

img-1575710181.jpg

Sabuk Nusantara 108 dan Sabuk Nusantara 109, dibangun seluruhnya oleh Galangan Nasional PT. Batamec dengan menggunakan sumber daya manusia bangsa. Kapal dengan kapasitas penumpang 400 orang merupakan salah satu kapal dalam program Tol Laut yang diprakarsai oleh Presiden Joko Widodo.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Kapten Wisnu Handoko mengatakan bahwa kualitas kapal yang diproduksi PT Batamec mampu lebih tinggi dibandingdingkan dengan kapal serupa yang dibangun oleh galangan kapal lainnya.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung kepada Direktur PT. Batamec Muljono Adi. Kapten Wisnu juga berharap, kolaborasi antara PT. Batamec dengan Kementerian Perhubungan akan berlanjut dalam program berikutnya.

Sabuk Nusantara 108 tiba di perairan Kupang pada 17 Oktober 2019 setelah melakukan perjalanan selama 6 hari dari Batam. Kemudian, pada Selasa 22 Oktober, kapal diserahkan dari Kementerian Perhubungan ke PT. Pelayaran Indonesia (PT. PELNI) sebagai operator.

Seperti yang direncanakan sebelumnya, kapal yang dibangun oleh KSO Galangan PT. Permata Barito dan PT. Batamec akan melayani rute R.25 yaitu Kupang-Mananga-Lewoleba-Balauring-Kalabahi-Atapupu-Kalabahi-Baranusa -Balauring-Lewoleba- Mananga-Kupang.

Kapten Wisnu menyarankan agar kapal dapat segera dioperasikan untuk melayani masyarakat di wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, Sabuk Nusantara 109 yang berangkat dari PT. Batamec pada 11 Oktober 2019 tiba di Pelabuhan Tahuna, Pulau Sangihe, Sulawesi Utara pada 18 Oktober 2019. Kapal yang beroperasi di bagian utara Indonesia ini diserahkan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan ke PT. PELNI (Persero) sebagai operator layanan.

Bravo Batamec !!! BATAMEC HEBAT, BATAMEC SUKSES, BATAMEC KARYA ANAK BANGSA !!

 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar